Cards you may also be interested in
Fahami Type Darah Anda: SI LANGKA PEMILIK DARAH EMAS
Selama ini kita mungkin cm kenal 4 golongan darah saja. Padahal, ada satu jenis gol darah lain yg sangat langka. Orang yg punya gol darah ini cuma 40-an di seluruh dunia! Ada cerita apa sih dibalik gol darah? Darah manusia sangatlah unik. Saking uniknya, sampai-sampai kalian ga nyadar kalau kita sebenarnya punya 33 sistem golongan darah loh! Tapi tenang, kita ga akan bahas semua sistem tersebut. bisa mabok nanti Mari fokus pada inti thread, yaitu golongan darah emas. Buset, emas? Emang ada orang yang darahnya berwarna emas? eh maksudnya begimana? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus paham dulu tentang sistem golongan darah. Kek gimana sih ners? Jadi ceritanya, di permukaan sel darah merah kita tuh ada yang namanya antigen. Fungsinya utk merangsang respons imun Kalau kita punya antigen A doang, goldar kita A Kalau kita punya antigen B doang, goldar kita B Kalau kita punya antigen A dan B, goldar kita AB Kalau kita gak punya kedua antigen tersebut, goldar kita O paham yak sampe sini? Nah ceritanya, sel imun kita tuh sangat responsif kalau berurusan sama benda2 asing yg masuk. Tujuannya biar kita ga sakit tentunya. Jika seseorang menerima transfusi darah yg antigennya berbeda dg antigen yg dia miliki, respons imun akan aktif. Gimana maksudnya? Misalnya nih, ada orang dg goldar A, secara tidak sengaja menerima darah dari goldar B. Sel imun bakal ngomong gini ke sel darah marah "Cuy, lu kenal gak sama gerombolan sel darah merah yang baru masuk itu?" kata komandan sel imun. Sel darah merah ngeskrining nih. Tiba-tiba... "Lah, siapa mereka? Antigen yang kita punya tuh A, sedangkan gua gak kenal antigen yang mereka bawa." kata sel darah merah goldar A panik. Akhirnya sel imun menganggap gerombolan sel darah merah baru tsb sebagai benda asing dan harus dimusnahkan! Terjadilah penggumpalan! So, kesimpulannya, darah harus menerima darah yang memiliki antigen sama Lalu, kenapa goldar O bisa mendonorkan darah ke semua macam goldar? itu karena mereka tdk punya antigen A dan B shgg darah penerima tdk menganggap mereka sbg darah asing A harus dapet A dan O B harus dapet B dan O AB bisa nerima darah dari A, B, AB, dan O O harus dapet dari O saja. Kalau O kemasukan darah yg punya antigen, bakal dianggap asing. Lah mereka gapunya antigen, tbtb kemasukan darah yg punya antigen. Berabe Lalu, bagaimana dengan golongan darah emas? Belum! belum sampai ke sana. Sekarang kita kenalan dengan goldar Rhesus. Goldar Rhesus hanya ada dua, yaitu positif dan negatif. Sama seperti ABO, sel darah murah juga punya antigen lain bernama Rhesus. Uniknya, antigen Rhesus ada banyak macam antigen. Antigen2 Rhesus yg penting tuh antara lain C, c, D, E, dan e. Kita biasanya hanya melihat pada jenis D saja karena jenis lain (seperti Cc Ee) tuh kodominan yg artinya 'setidaknya km punya salah satunya' Kesimpulannya Jika seseorang memiliki antigen Rhesus D pada sel darah merahnya, ia termasuk goldar Rhesus positif Kebalikannya, jika seseorang tdk memiliki antigen Rhesus D pada sel darah merahnya, ia termasuk goldar Rhesus positif Selanjutnya, orang dg rhesus positif bs menerima donor dari Rh+ dan Rh-. Sedangkan orang dg Rhesus negatif hanya bs nerima dari sesama Rh- Kalau Rh- kemasukan Rh+ bisa tawuran tuh darahnya. "Lah ini kenapa tbtb ada Rh+, sedangkan kita gapunya antigen RhD! ngaco ah." gitu ceunah NAH! Rupanya, ada kondisi khusus yang terjadi pada orang2 tertentu. Mereka tidak punya segala jenis antigen rhesus pada sel darah merahnya. Sama sekali ga punya! Padahal, setidaknya orang tuh punya antigen Rh 5 kek, atau 2 gitu kek, atau satu gitu lah paling dikit Nah orang ini ga punya sama sekali! Jumlahnya sangat langka! Orang2 kek mereka tuh istimewa banget karena bisa mendonorkan darahnya ke semua jenis golongan darah (karena ga punya antigen rhesus!). Mereka jadi The Perfect Donor Ini dia si langka darah emas, The Golden Blood Tapi mereka hanya bisa menerima darah dari sesama Golden Blood. Kalau mereka menerima darah dari goldar lain, bakal tawuran karena kemasukan antigen asing yg gak dimiliki oleh para golden blood. So, mereka harus berhati-hati dalam hidupnya. Menghindari cedera/luka sebisa mungkin Goldar A dgn rhesus null (golden blood) cuma bisa menerima darah dari goldar A rhesus null. Kalau dia nerima dari goldar B (meskipun rhesusnya null), antigen A-nya bakal tawuran Oleh sebab itu, orang dgn goldar O-Rhesus null akan menjadi org dg goldar donor paling sempurna Kok bisa? iya, karena goldar O bisa mendonorkan darah ke semua jenis goldar ABO goldar rhesus null bisa mendonorkan darah ke semua jenis goldar rhesus Tapi kasian juga jika dia butuh darah. Langka banget!!! Typo ini ya huhu Jika seseorang memiliki antigen Rhesus D pada sel darah merahnya, ia termasuk goldar Rhesus positif Kebalikannya, jika seseorang tdk memiliki antigen Rhesus D pada sel darah merahnya, ia termasuk goldar Rhesus negatif Katakanlah antigen adalah wajah (nempel di permukaan sel darah merah), sedangkan antibodi adalah senjata (tersebar di plasma darah). Jenis wajah akan berlawanan dg jenis senjatanya. Kalau wajahnya A, senjatanya pasti B. Begitu pula sebaliknya Goldar A, memiliki wajah (antigen) A dan senjata (antibodi) B. Goldar B, memiliki wajah (antigen) B dan senjata (antibodi) A. Goldar AB, memiliki wajah (antigen) A dan B, tp gapunya senjata Goldar O, ga punya wajah, tp punya senjata (antibodi) A dan B. ngeh? KASUS Goldar A kemasukan darah B nih. si A bakal panik karena ia ga mengenal wajah si B. Akhirnya, ia menyerang si B Goldar B kemasukan darah A nih. si B bakal panik karena ia ga mengenal wajah si A. Akhirnya, ia menyerang si A Begitu pula dengan kasus goldar lain Si AB bisa nerima dari segala tipe goldar karena 1. simply dia gapunya senjata paham? Tapi, si AB hanya bisa donor ke sesama AB. Kalau AB donor ke A, darah A gak mengenali wajah B yg ada pada darah AB sehingga bakal diserang Begitu pula dgn O O bisa donor ke semua darah karena ia gapunya wajah. Seluruh goldar ga akan mengenali wajah si O, sehingga gak akan diserang Tapi, O hny bisa menerima darah dari sesama O karena 1. simply, dia punya senjata A dan B. lengkap banget senjatanya. Lihat juga: https://www.dewiswedding.com